Kandungan Kopi Tak Hanya Kafein

VIVAlife – Bicara kopi sama dengan bicara soal kafein. Kafein dalam kopi dikenal sebagai ‘ramuan ajaib’ untuk menambah stamina dan kantuk. Namun, kandungan ini juga terkenal dengan sebagai zat yang membahayakan kesehatan. Bahkan saat ini penelitian yang mengupas tentang manfaat dan efek samping secangkir kopi pun masih bergulir.

Kopi bukanlah minuman yang dapat diminum oleh semua orang. Contohnya, ibu hamil, wanita menyusui. dan orang-orang dengan kondisi medis tertentu seperti sakit tekanan darah tinggi dan osteoporosis. Tapi di sisi lain kopi memiliki manfaat baik untuk kondisi seseorang, termasuk untuk menumpas beberapa penyakit.

Berikut ini adalah lima alasan mengapa kopi baik dikonsumsi, seperti yang dilansir Huffington Post.

1. Perlindungan terhadap diabetes

Minum kopi secara teratur dikaitkan dengan efek perlindungan terhadap resiko diabetes. Bahkan, menurut penelitian kopi memberikan perlindungan hingga 60 persen.

2. Hidrasi

Banyak orang beranggapan kalau kafein memiliki efek deuretik yang dapat menyebabkan tubuh kekurangan cairan. Ini hanyalah mitos yang berkembang. Konsumsi kafein secara teratur, justru dapat menjaga hidrat tubuh dengan baik.

3. Melindungi otak

Beberapa penelitian lain juga menunjukan, kopi dapat memberikan perlindungan seseorang terhadapa penyakit neuro degeneratif seperti Parkison dan Alzheimer.

4. Antioksidan dan fitonutrien

Siapa sangka kalau kopi juga menyimpan banyak harta karun di dalamnya. Selain kafein, kopi juga mengandung antioksidan dan fitonutrien, yang kaya akan asal klorogenat dan polifenol. Jadi, bukan hanya teh hijau dan blueberry saja yang kaya akan antioksidan.

5. Melindungi hati

Banyak orang menghindari kopi karena dianggap sebagai racun tubuh. Sebenarnya, kopi memiliki phytonutrisi yang berfungsi untuk melindungi kesehatan hati. Konsumsi kopi, melindungi seseorang terhindar dari penyakit sirosis dan kanker hati.

Sumber : life.viva.co.id

Advertisements