Apa Kata Bloger Dunia soal Batik

VIVAlife – Kalau dulu batik hanya menjadi padanan kebaya tradisional, kini penggunaannya lebih kontemporer. Warisan budaya khas Indonesia ini sudah menjadi bagian dari tren mode dan bahkan mengiringi gaya pakaian masa kini. Salah satu desainer lokal yang setia pada batik, bahkan sampai namanya mendunia, adalah Obin.

Garis potongan simpel seperti kebaya tradisional, dengan sentuhan aksen modern seperti rumbai-rumbai ala rocker atau variasi lain, menjadi salah satu daya tarik batik ala Obin. Itu jugalah yang membuat Tricia Gosingtian, fashion blogger asal Filipina, sangat menikmati show Obin di ‘Jakarta Fashion Week 2013‘.

“Pertunjukan yang sangat luar biasa dan menginspirasi. Rasanya saya ingin ikut seluruh show-nya. Keren sekali, bagaimana dia bisa mentransformasi batik yang tradisional ke gaya modern,” ujarnya pada VIVAlife dengan sangat antusias.

Sebelumnya, Tricia mengaku dirinya belum pernah mendengar soal batik dari Indonesia. Ia juga belum pernah menuliskan batik dalam blog-nya, http://www.blog.triciagosingtian.com.

Namun setelah melihatnya langsung di Indonesia, ia sangat tertarik dan memastikan menulis pengalamannya mengenal batik ini. Sebelum menghadiri fashion show Obin, Tricia bersama dua fashion blogger dunia lainnya, Christina Caradona dan Christina Topacio dari Amerika, serta tiga fashion blogger Indonesia, telah belajar membuat batik di Museum Tekstil.

Mereka terlihat sangat bersemangat saat bermain dengan malam dan canting, mengaplikasikannya mengikuti sketsa motif di selembar kain kecil. Mereka juga mencelup-celupkan kain itu ke pewarna alami yang secara ajaib bisa melekat tanpa luntur.

Setelah mempelajari proses panjang pembuatan batik, mereka akhirnya menyaksikan hasil akhir batik yang ternyata bisa digunakan untuk berbagai macam gaya dalam fashion. Itu sangat mengejutkan bagi ketiga fashion blogger kelas dunia itu.

Amazing, dan sangat menyenangkan. Tadi kami baru saja belajar membuat batik, dan sekarang saya tahu batik itu bisa digunakan dalam fashion. Luar biasa sekali,” komentar Christina Caradona usai show Obin.

Kedatangan para fashion bloggers itu sendiri, atas undangan Shinta W. Dhanuwardoyo, founder http://www.bubu.com sekaligus dukungan dari Kementrian Pariwisata dan Ekonomi Kreatif RI. Selain diajak belajar membatik, menonton fashion show, mereka juga akan berkeliling ke daerah-daerah penghasil batik di Jawa, seperti Pekalongan dan Yogyakarta.

Undangan ini masih merupakan rangkaian Hari Batik Nasional, 2 Oktober lalu. Selain bisa mempromosikan batik dalam blog-nya, mereka juga diharapkan dapat menulis tentang pariwisata Indonesia sehingga lebih dikenal di mata dunia.

Sumber : life.viva.co.id

Advertisements