Parade Turis Berbaju Adat di Nusa Dua Fiesta

VIVAnews – Karin Meisner, wisatawan asal Jerman, jatuh cinta dengan Bali. Ia pun sengaja datang ke Bali untuk menjadi partisipan dalam parade pembukaan Nusa Dua Fiesta 2012, di Pulau Peninsula, Nusa Dua, Bali, Jumat 2 November 2012.

“Saya suka dan cinta Bali. Sudah 15 tahun ini saya sering berlibur ke Bali. Saya suka event ini. Saya senang dilibatkan,” kata Karin saat berbincang dengan VIVAnews.

Hampir tiap tahun sejak lima tahun belakangan, Karin terlibat dalam acara yang digelar tiap tahun itu. Ia sendiri mengetahui rencana pembukaan yang berlangsung selama 4 hari ini sejak sepekan lalu.

“Saya dikabari oleh Hotel Melia, tempat saya biasa menginap selama di Bali. Saya langsung menyetujui untuk menjadi partisipan,” kata Karin yang datang bersama suaminya itu.

Senada dengan Karin, Reymond Richard asal Australia juga datang khusus ke Bali untuk menghadiri pembukaan Nusa Dua Fiesta 2012. Richard ternyata sudah sering mengikuti acara ini.

“Saya datang bersama keluarga, khusus untuk mengikuti acara ini. Saya senang dengan kebudayaan Bali. Saya sangat menikmati kebudayaan dan event ini,” kata Richard.

Selain mereka, wisatawan lain yang ikut memeriahkan acara yang diramaikan musisi dalam dan luar negeri itu, ada yang berasal dari Inggris, Spanyol, Italia, dan beberapa negara di kawasan Eropa.

Novaria Irianti, public relations manager Hotel Melia yang mengabari para wisatawan asing untuk terlibat dalam acara tersebut mengatakan, “Tiap tahun mereka datang ke Bali dan menginap di sini. Mereka tahu ada parade dan meminta untuk dilibatkan jadi peserta”.

Puluhan wisatawan mancanegara, menurut Novaria, akan terlibat dalam parade yang melibatkan ribuan orang itu. Para turis asing akan tampil layaknya masyarakat Bali.

“Total ada 20 tamu. Mereka akan membawa umbul-umbul dan banner. Mereka mengenakan baju adat Bali dan akan tampil dalam ajang ini,” kata Novaria.

Nusa Dua Fiesta merupakan acara yang digelar untuk mempromosikan kebudayaan dan produk lokal Bali. Acara digelar tiap tahunnya sejak 2007. Dalam acara ini, dipamerkan juga karya fotografi wisata bawah laut yang diikuti fotografer Tanah Air dan mancanegara.

Sumber : life.viva.co.id

Advertisements