Susu Perangi Virus HIV

VIVAlife – Mematikan virus HIV bukanlah hal yang mudah, bahkan pengobatannya hingga kini pun masih minim. Para peneliti di Australia saat ini telah menemukan penawar baru. Untuk memerangi virus HIV, mereka mencoba menerapkan susu sapi.

Para ilmuwan dari University of Melbourne dan perusahaan biofarmasi Immuron Ltd menemukan bahwa sapi tidak dapat terifeksi HIV. Justru, hewan perah ini menghasilkan antibodi HIV yang mencegah penularan penyakit.

Dalam penelitian, sapi hamil divaksinasi dengan protein HIV, susu pertama yang diproduksi oleh sapi setelah melahirkan mengandung antibodi dengan tingkat tinggi yang dikumpulkan melalui kolostrum.

Melansir Medical Daily, peneliti menemukan bahwa sapi dapat menghasilkan 2,2 kilogram antibodi. Dengan jumlah ini, susu sapi mungkin bisa diolah menjadi produk lain untuk mencegah penularan virus HIV. Misalnya dibuat krim atau gel yang dioleskan di vagina sebelum atau setelah berhubungan seksual.

Para peneliti mengatakan bahwa krim yang sama juga dapat dibuat untuk pria, tapi masih perlu dikaji ulang agar lebih efisien. Produk krim dengan kandungan susu sapi anti HIV mungkin baru bisa benar-benar dikembangkan 10 tahun lagi.

Sumber : life.viva.co.id

Advertisements