Tergoda Kelezatan Ragam Sajian Tom Yum

VIVAlife – Kuah dengan perpaduan rasa pedas dan asam, isiannya bisa berupa hidangan laut atau ayam. Tom Yum atau Tom Yam merupakan sup bening pedas khas Laos dan Thailand, yang banyak disukai.

Tom Yum  pun banyak disajikan di restoran negara-negara tetangga seperti Malaysia, Singapura dan Indonesia. Tak heran kalau kelezatan dan kesegaran hidangan satu ini, membuatnya jadi salah satu makanan Asia yang populer di dunia.

Bagi Anda para penggemar Tom Yum, cobalah mengenalinya secara lebih dalam. Secara harfiah, kata-kata “Tom Yam” berasal dari dua kata dari bahasa Thailand yaitu “Tom” dan “Yam”.

“Tom” mengacu pada proses perebusan, dalam hal ini berarti sup. Lalu “Yam”  mengacu pada jenis salad di Laos dan Thailand yang rasanya pedas dan asam. Bumbu-bumbu yang umum digunakan dalam memasak Tom Yam antara lain kulit lemon, daun jeruk, lengkuas, air jeruk nipis, kecap ikan, dan cabai yang dihaluskan.

“Tom Yum versi modern biasanya menggunakan jamur tiram, daun ketumbar yang dicincang dan terkadang ditambahkan cabai yang dihaluskan atau nam phrik Phao ditambahkan sehingga kuah sup berwarna oranye cerah,” ujar Suyitno, Executive Sous Chef JW Marriott Jakarta yang ditemui langsung oleh VIVAlife belum lama ini.

Suyitno juga memberitahu kalau ada berbagai jenis Tom Yum asal Thailand dan Laos. Walaupun sekilas terlihat sama, namun memiliki cita rasa yang berbeda.

Sumber : life.viva.co.id

1. Tom Yum Goong

Dikenal juga dengan Tom Yum Kung, adalah versi yang paling terkenal di kalangan turis. Jenis tom yum ini menggunakan udang besar atau prawn sebagai bahan utama.

2. Tom Yum Paa (Laos) atau Tom Yam Pla (Thailand)
Ini merupakan sup ikan kuah bening yang secara tradisional dimakan dengan nasi. Jenis Tom Yum ini sangat populer dan mudah ditemui di  wilayah dekat sungai, kanal, dan danau.

3. Tom Yum Gai

Ada juga yang menyebutnya Tom Yum Kai. Sangat cocok bagi Anda penyuka ayam, karena menggunakan ayam sebagai bahan utama.

4. Tom Yum Po Taek (Laos) atau Tom Yum Thale (Thailand)
Merupakan varian Tom Yum yang terdiri dari campuran berbagai jenis seafood. Seperti, udang, cumi-cumi, kerang dan ikan.

5. Tom Yam Nam Khon
Ini adalah variasi Tom Yum yang terbilang belum lama muncul. Hidangan yang menggunakan udang sebagai bahan utamanya, menggunakan susu atau santan sebagai finishing touch dan ditambahkan cabai kering sebagai penyeimbang rasa.

6. Tom Yam Kha Mu
Isiannya berupa kaki babi. Jenis Tom Yum ini harus dimasak lebih lama dari jenis lainnya dan di atas api kecil.

Advertisements