Bibir Seksi Bebas Kering

VIVAlife – Semua area tubuh dapat mengalami kekeringan, tapi bibir termasuk yang paling rapuh. Tidak seperti kulit di area tubuh lain, kulit bibir tidak memiliki kelenjar minyak dan keringat yang dapat menjaganya tetap lembab.

Jika tidak dijaga kelembabannya, bibir akan kering dan pecah-pecah dan membuatnya terlihat tidak seksi, bahkan terasa sakit bila disentuh. Pemicu bibir kering dan pecah-pecah, bermacam-macam.

Kebanyakan, bibir menjadi kering karena cuaca yang terlalu dingin atau terlalu panas. National Health Interview Survey tahun 2007, menyalahkan udara dingin dan kering, paparan sinar matahari yang berlebihan tanpa perlindungan, dan ruangan berpendingin, serta suhu ruangan yang terlalu panas sebagai penyebab bibir kering dan pecah-pecah.

Udara yang kering saat musim dingin atau dalam ruangan berpendingin dapat menyedot kelembaban dari kulit, termasuk bibir Anda. Sedangkan, saat musim panas, bibir Anda akan mendapatkan paparan sinar ultraviolet yang berlebihan. Membuat kulit Anda rentan kehilangan kelembabannya. Jika tidak dilindungi, risiko kanker kulit pun meningkat.

Tak hanya faktor lingkungan, kebiasaan buruk menjilat bibir saat bibir terasa kering ternyata dapat menghilangkan kelembabannya. Menjilat bibir memang tampak membasahinya. Tapi beberapa detik kemudian, air akan menguap sehingga bibir menjadi kering, dan Anda akan terus-menerus menjilatinya. Cara terbaik untuk membuat bibir tetap lembab adalah berhenti menjilatnya.

Kebiasaan buruk lain yang dapat membuat bibir kering adalah bernapas melalui mulut. Pada dasarnya, hidung dirancang untuk menyaring, menghangatkan dan melembabkan udara yang masuk sebelum mencapai paru-paru. Jika Anda bernapas dengan mulut, tenggorokan dan bibir pun akan jadi kering.

Bibir kering juga diperparah karena kontak dengan faktor-faktor luar seperti pasta gigi, lipstick, atau bumbu makanan. Salah satu cara untuk mengatasinya adalah dengan mengaplikasikan lip balm pada bibir Anda.

Tapi jangan pikir kalau lip balm akan efektif dalam mengobati bibir pecah-pecah Anda, karena formula dirancang untuk pencegahan. Oleh sebab itu, pakai lip balm sebelum menggunakan lipstik di pagi hari, dan gunakan pula sebelum tidur. Atau, gunakan sesering mungkin jika Anda seharian berada dalam ruangan berpendingin.

Pilih saja lip balm dengan aroma dan rasa buah-buahan segar. Bibir pun bebas kering, terasa lembab, dan kesegarannya bisa menemani Anda menjalani aktivitas.

Sumber : life.viva.co.id

Advertisements