Kapal Terbesar di Dunia

PASBANGET.CO- Sampai saat ini kapal terbesar yang pernah dibuat adalah 4 supertanker kelas Batillus buatan Perancis pada akhir 70-an, berbobot mati 555.000 ton dan panjang 414 meter. Diluncurkan dari galangan kapal Chantiers de l’Atlantique di Saint Nazair. Satu-satunya kapal yang lebih besar adalah si jumbo “Knock Nevis”; ex “Jahre Viking”, ex “Seawise Giant”, ex “Porthos”, di tahun 1981.

Tapi, supertanker dari kelas Batillus mempunyai tonase kotor yang lebih besar, sehingga bisa dianggap lebih besar dari Knock Nevis.

Namun tersiar kabar yang mengatakan bahwa Shell berencana akan membuat sebuah kapal tangker (untuk mengangkut gas alam) yang akan menjadi yang terbesar di antara jenis semua kapal laut yang ada.

Jika Pierre Guillaumat memiliki bobot mati 555 Ribu metric tons, berat kapal tangker Shell ini mencapai 600.000 mt (600 juta kilograms) dengan panjang mencapai 480 m. Pierre Guillaumat sendiri panjangnya hanya mencapai 414 m yang berarti kapal tangker ini lebih panjang sekitar 66 m.

Bahkan bila dibandingkan dengan kapal induk U.S. Navy’s supercarrier bertenaga nuklir, salah satu kapal induk Amerika terbesar, kapal tangker ini hampir tiga kali lebih berat (kapal induk beratnya sekitar 220.000 metric tons), seperti yang dikutip dari popsci.

Shell belum membuat keputusan tentang investasi terakhir pada kapal raksasa tersebut. Tapi permintaan konsumen akan energi, membuat Shell mempersiapkan diri dan memperluas wilayah operasi mereka. Sepertinya Shell yakin bahwa kapal tangker ini akan memenuhi permintaan tersebut.
Sumber : www.pasbanget.co

Advertisements