Pijatan Agar Tidur Berkualitas

PASBANGET.CO- Bayi yang dipijat dengan lembut dapat menjadi tenang dalam tidur. Wanita hamil yang sulit tidur, terutama pada trimester, merasa nyaman setelah dipijat. Ketegangan dan nyeri di punggung dan persendian dapat dikurangi dengan pijatan.

Pijat membantu mengurangi stres, meningkatkan sirkulasi darah, melemaskan otot-otot yang tegang, melepaskan beban pikiran dan bahkan menurunkan tekanan darah tinggi.

Banyak orang yang tidak mengetahui bahwa pijat dapat membantu meningkatkan kualitas tidur. Bila Anda sulit tidur karena stres dan tegang, pijat mungkin adalah solusinya.

Kulit kita memiliki jutaan reseptor saraf yang terhubung dalam sistem saraf. Pemijatan pada kulit merangsang otak melepaskan zat-zat kimia seperti serotonin yang mengurangi stres, kecemasan dan depresi.

Pijat juga meningkatkan produksi endrofin, hormon yang mengurangi rasa nyeri dan menenangkan. Kesemua itu membuat Anda lebih tenang dan mudah tidur.

Pijat tidak harus dilakukan oleh seorang profesional. Anda bisa meminta tolong teman, pasangan atau keluarga. Anda juga dapat memijat sendiri dengan atau tanpa alat bantu. Pemijatan seluruh badan dianjurkan, tapi pijatan di kepala dan pundak saja pun sudah cukup untuk relaksasi.

Bila Anda mengalami kesulitan tidur, tak ada salahnya menjadikan pijat bagian dari rutinitas malam hari Anda.

Advertisements